Beranda Nasional Makam Keramat Di Purwakarta Ini Minim Perhatian

Makam Keramat Di Purwakarta Ini Minim Perhatian

1225
0
BERBAGI

SeputarTuba.com – Cagar Budaya atau Situs Budaya yang terletak di Kampung Baras, RT/RW 01/01 Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta tidak jelas pengelolaannya, hal tersebut dikarenakan Makam Keramat  Wastu Kencana atau Surya Kencana tersebut tidak sedikitpun mendapatkan perhatian sebagaimana layaknya makam-makam para leluhur lainnya.

Hal tersebut dikatakan Bapak Karmadi selaku Juru Kunci makam keramat yang meneruskan generasi dari Eyang Kuning, Rabu (6/6/18 ).

Menurut Abah Warno asal Desa Gunung Batu, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang yang telah malang melintang sejak tahun 1985 hingga hari ini, dirinya yang kini tinggal di Kutamanah untuk menjaga makam Keramat tersebut.

Abah Warno dikenal sebagai sosok manusia yang mengabdi kepada negara untuk menjaga serta merawat makam Pasir Benteng Tarumanegara, Kanjeng Dalem Surya Kencana, Mbah Aria Jagaraksa, Mbah Garuda, Kanjeng Dalem Harum Dana dan Kitimun.

Meski tidk digaji, Abah Warno dengan sukarela mengabdi kepada negara yang dalam hal ini bertujuan untuk melestarikan cagar budaya.

Di tempat terpisah, Karmadi mengatakan bahwa makam keramat tersebut merupakan peninggalan sejarah dari jaman dahulu kala atau pada jaman Tarumanaggara Kutatandingan yang saat ini, makam Surya Kencana atau Wastu Kencana sedikitpun tidak mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk di renovasi.

Karmadi tidak patah semangat untuk terus mengurus makam keramat tersebut meski dengan biaya seadanya dan dengan menggunakan tenaga sendiri.

Makam Keramat Surya Kencana atau Wastu Kencana pada tahun 2015 pernah direnovasi oleh Karmadi dengan menggunakan alat seadanya dan menggunakan tenaga sendiri, namun seiring berjalannya waktu sejak tahun itu hingga kini makam keramat itu tidak pernah direnovasi oleh Pemerintah.

Namun Karmadi pernah mendengar kabar bahwa untuk anggaran renovasi makam tersebut ada. Tapi jika ada anggaran untuk renovasi makam keramat seharusnya makam keramat tersebut tidak terbengkalai.

“Jika memang benar kabar adanya anggaran tersebut, seharusnya makam keramat yang terletak di Kampung Baras Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta terlihat tidak kumuh. Sedangkan kenyataannya makam keramat tersebut memang tidak pernah mendapatkan anggaran dari Pemerintah Kabupaten hingga hari ini, jadi wajar saja jika makam keramat tersebut terbengkalai,” ujar Karmadi.

Dirinya berhrap makam Keramat itu diurus dan dilestarikan, karena memiliki nilai aset budaya. (STB/RD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here