Beranda Advertorial Gerakan Ayo Belajar Subuh dan Green School Tingkatkan Kualitas Pelajar Di Tuba

Gerakan Ayo Belajar Subuh dan Green School Tingkatkan Kualitas Pelajar Di Tuba

886
0
BERBAGI

SeputarTuba.com – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, melalui Dinas Pendidikan setempat, terus melakukan terobosan dan inovasi dalam meningkatkan mutu proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) disemua tingkatan sekolah dengan melakukan sosialisasi Gerakan Ayo Belajar Subuh dan Green School.

Demikian hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Tulangbawang Nasaruddin SH MH, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/03/2019). Dirinya menuturkan bahwa gerakan ayo belajar subuh dan green school ini bermaksud agar peserta didik dapat menjadikan keluarga sebagai basis utama pembentukan karakter.

“Apalagi kalo dia (siswa-siswi) muslim, bangun subuh, orang tua sekaligus dapat mengajak sholat, mengaji dan belajar, hal ini dilakukan, karena saat belajar subuh memori otak anak lebih jernih,” jelas Nasaruddin SH MH.

Semenjak pencanangan program, lalu sudah mulai disosialisasikan, saat ini Dinas Pendidikan tengah membentuk Juklak-Juknisnya, mengingat program ini merupakan program khusus Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE MH, maka dalam proses menjalankannya harus dengan aturan dan tatakelola yang baik, sehingga terstruktur dan sistematis dalam proses menjalankannya kedepan.

“Green school itu, bukan maksudnya berwarna hijau, namun menggambarkan kenyamanan dan aman, seperti di sekolah, itu pagar harus keliling, lalu pintu gerbang harus ada, rumput taman terpelihara, keluar masuk peserta didik harus disiplin, ketika jam pelajaran gerbang ditutup, jadi tidak khawatir hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga KBM bisa aman, nyaman, teduh dan tidak ada gangguan, yang otomatis mendongkrak kualitas siswa-siswi,” harap Kadis Pendidikan.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa sekolah yang memasuki kriteria, seperti SMPN 1 Menggala dan SMPN 1 Banjar Agung, sementara mereka sudah lumayan seperti yang diharapkan, namun belum maksimal, mengingat belum ada beberapa hal lainnya yang dijalankan, karena program ini bekerjasama dengan Instansi lainnya, seperti DLH dan Polres Tulangbawang.

“Saya berpikir kalau tidak menyalahi, bilamana ada ketergerakan hati para investor di Tulangbawang, yang ingin ikut berperan serta mendukung dan membangun dunia pendidikan Tulangbawang tentunya ini sangat baik. Karena pendidikan bukan hanya tugas Pemerintah saja, tapi juga mulai dari rumah, karena itulah gerakan ayo belajar subuh, bertujuan bagaimana mendidik atau menanamkan karakter anak untuk sopan santun, berakhlak, beragama dan berbudi pekerti,” tandasnya. (STB/Advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here