Beranda Pendidikan dan Kesehatan Kasus DBD Di Tuba Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

Kasus DBD Di Tuba Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

115
0
BERBAGI

SeputarTuba.com – Penyakit Demam Berdarah Dengue atau yang dikenal DBD, sejak awal Januari hingga Maret pada 2019 mengalami peningkatan yang cukup signifikan hingga memakan korban jiwa.

Hal tersebut dikatakan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala ibu Yuli sebagai Humas RSUD Menggala. Selasa (02/4/19).

Dijelaskannya, Pada tahun 2017 di Kabupaten Tulangbawang berjumlah 33 kasus terserang DBD yang mana meliputi 15 orang dewasa, 18 anak-anak dan tidak ada korban jiwa, sedangkan pada tahun 2018 ada sekitar 78 kasus yang mana 39 orang dewasa, 39 anak-anak dan tidak ada korban jiwa.

Sedangkan lanjutnya, ditahun 2019 ini dari per 1 Januari hingga Maret sebanyak 116 kasus yang terdiri dari 65 orang dewasa, 100 anak-anak dan 1 korban meninggal dunia.

“Tentunya tahun ini yang terserang DBD meningkat dari kasus DBD yang kami tangani dari tahun sebelumnya, hingga memakan korban,” ungkapnya.

Untuk itu lanjutnya lebih dalam, guna mengurangi atau menghilangkan virus tersebut pihaknya sudah melakukan Fogging.

“Sudah kami lakukan sosialisasi pencegahan firus DBD pada tahun 2019 ini melalui puskesmas yang ada di Tulangbawang, diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut mampu menyadarkan masyarakat akan bahaya DBD dan mengurangi jumlah terserang DBD,” ucapnya.

Ia pun berharap kepada masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan untuk sama-sama menekan perkembangan nyamuk aedes aegipty.

Selain itu Yuli juga menghimbau jika ada warga yang mengalami gejala-gejala sebagai berikut segera ke Puskemas terdekat agar mendapatkan penanganan yang intensif.

Gejala-Gejala Umum Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) :
– Panas/demam tinggi yang mendadak
– Nyeri sendi dan di badan
– Rasa mual-mual ingin muntah
– Sakit kepala di sekitar dahi
– Wajah berwarna kemerahan
– Suka timbul bercak-bercak merah di kulit (tidak pasti)
– Trombosit dan leukosit darah turun dan hematokrit naik. (STB/Mawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here