Beranda Pembangunan dan Pertanian Kemarau Akibatkan Tanaman Di Tuba Layu Dan Mati

Kemarau Akibatkan Tanaman Di Tuba Layu Dan Mati

104
0
BERBAGI

SeputarTuba.com – Cuaca ekstrim atau kemarau yang melanda saat ini mengakibatkan sejumlah tanaman mati dan layu seperti halnya sejumlah tanaman bibit pohon Ketapang Kencana yang ditanam oleh Pemkab Tulangbawang saat memperingati hari lingkungan hidup sedunia (HLHS) pada 17 Juni 2019 lalu.

Seperti diketahui pada saat itu sebanyak 130 bibit pohon Ketapang kencana yang ditanam Pemkab Tuba mulai dari halaman perkantoran Bupati dan jalur menuju perkantoran serta di lapangan Pemda setempat.

Namun sayangnya, ada beberapa bibit pohon ketapang kencana yang mati karena cuaca ekstrim/kemarau. Selain diakibatkan kemarau disini pula terlihat daun pohon yang berlubang diakibatkan serangan hama ulat yang memakan daun pohon tersebut.

Mawansyah warga Menggala setempat saat ditemui mengatakan, bibit batang pohon yang ditanam Pemerintah Kabupaten Tulangbawang itu sudah hidup tetapi ada juga bibit yang mati dikarenakan musim kemarau yang saat ini melanda.

“Tanamannya sudah mulai hidup dan berkembang, sudah mulai muncul daun-daun baru, namun, ada juga pohon yang sudah mati dan terkena hama ulat. Sehingga daun pada pohon tersebut berlubang sampai ada pula yang habis semua,” jelasnya. Rabu (17/7/2019).

Setidaknya, sambung dia, pemerintah dalam hal ini dapat melakukan penyemprotan obat hama, untuk membersihkan pohon tersebut dari hama yang menyerang khususnya ulat bulu yang memakan daun-daun pohon ketapang tersebut.

“Tentunya kami juga selaku masyarakat berterima kasih atas penanaman bibit batang pohon ketapang kencana oleh Pemerintah Kabupaten setempat, demi lebih memperindah keindahan suasana tempat di Lingkup Pemda Tulangbawang yang ada saat ini,” tuturnya.

Lanjutnya, kedepan dirinya berharap penanaman bibit pohon tersebut dapat diperluas hingga di titik lokasi kosong tanpa pohon yang ada di Kota Menggala, agar Kota Menggala menjadi tempat bebas polusi udara serta sejuk dikarenakan banyaknya pohon yang ada di Kota Menggala. (STB/Mawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here