Beranda Eksekutif dan Legislatif Jelang Pilkakam, Inspektorat Tuba Tegaskan Kakam Segera Selesaikan Tanggung Jawab

Jelang Pilkakam, Inspektorat Tuba Tegaskan Kakam Segera Selesaikan Tanggung Jawab

770
2
BERBAGI

SeputarTuba.com – Mendekati Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Kampung (Kakam) serentak di Kabupaten Tulangbawang tahun 2019 Inspektorat setempat memastikan ada beberapa Kampung yang belum menyelesaikan tanggung jawab tata kelola keuangan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Tulangbawang Drs. Pahada Hidayat. Kamis (22/8/19).

“Tidak tahu persis jumlahnya, yang pasti ada beberapa kampung yang belum menyelesaikan kelola keuangan baik pajak dan lainnya,” kata Pahada.

Lebih lanjut, Inspektorat mengharapkan bagi para petahana yang akan mencalonkan diri kembali agar terlebih dahulu menyelesaikan segara keuangan kampung sebelum mengikuti pilkakam. “Diharapkan segera diselesaikan tata kelola keuangan di kampungnya,” tegasnya.

Dikatakannya, pihak Inspektorat akan mengambil langkah jika belum juga ada penyelesaian, sebab, lanjutnya, administrasi tata kelola keuangan saat ini harus tertib, semua sudah ada pengawasan baik Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Jangan sampai nantinya akan jadi temuan dikemudian hari,” pungkas dia.

Ditempat terpisah, Kasubag Tata Pemerintahan (Tapem) Wayan mengatakan persyaratan bagi Kepala Kampung yang akan mencalonkan diri kembali baik masih menjabat ataupun sudah habis masa jabatannya memang harus menyelesaikan pajak PBB. Dan itu sudah diberlakukan pada pemilihan 2017 lalu kemudian terkait dengan masalah keuangan.

“Mungkin 2 itu cukup persyaratan bagi pertahana, baik yang masih menjabat atau sebelumnya menjabat tetap akan kita kenakan, yang utama masalah keuangan, harus diselesaikan SPJ nya, dan nanti kita tuangkan ke Peraturan Bupati, nantinya sudah jadi wewenang Inspektorat,” ujar Wayan.

Dikatakannya, sebanyak 31 Kampung yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung tahun 2019.

“31 Kampung yang akan menyelenggarakan Pilkakam, tetapi untuk jumlah yang akan nyalon belum diketahui, kita ketahui setelah pembukaan, saat ini belum kita buka tahapan pendaftarannya, karena kita menunggu Perdanya diundangkan dulu,” tutupnya. (STB/Mawan)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here