Beranda Nasional Masyarakat Tulangbawang Nantikan Dibukanya Gerbang TOL Menggala

Masyarakat Tulangbawang Nantikan Dibukanya Gerbang TOL Menggala

1961
0
BERBAGI

 306 total views,  7 views today

SeputarTuba.com – Dengan adanya jalan tol di Provinsi Lampung, tentunya akan membuat laju roda ekonomi masyarakat kian meningkat, mengingat cepatnya proses keluar masuk pendistribusian barang dan akses kendaraan yang cepat.

Maka dari itu, wajar jika banyak masyarakat di Kabupaten Tulangbawang, yang telah menanti dibukanya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Terbanggi Besar- Pematang Panggang – Kayu Agung secara resmi, mengingat Kabupaten Tulangbawang merupakan salah satu wilayah yang dilintasi program gagasan Presiden Jokowi tersebut.

Jalur bebas hambatan ini, dipastikan mampu memperlancar aktivitas masyarakat, baik bagi kalangan pekerja yang sehari-harinya menggunakan jalan itu untuk usaha, ataupun bagi para PNS Kabupaten Tulangbawang yang dari luar Kota dipastikan tidak akan terlambat untuk ikut apel pagi.

Selain itu, dengan adanya jalan tol, masyarakat yang ingin berpergian ataupun berlibur ke Kota Bandar Lampung maupun sebaliknya akan lebih cepet dan tidak memakan waktu lama lagi.

Bahkan, dengan adanya pintu exit Gerbang Tol Menggala di Kabupaten Tulangbawang, akan mampu membuka akses wisata sejarah, seperti Kota Tua Menggala dengan berbagai jajanan oleh-olehnya yang khas, maupun berwisata sejarah ke Kampung Pagar Dewa Tulangbawang Barat, dimana letak cerita dan banyak ditemukan bukti sejarah Kerajaan Tulangbawang.

Sodri warga Menggala Kabupaten Tulangbawang, yang sering melakukan aktivitas ke Kota Bandar Lampung, mengatakan bahwa adanya jalan tol sangat bermanfaat, mengingat yang dulunya menempuh perjalanan dari Kota Menggala bisa memakan waktu 3 sampai 4 jam, kini bisa ditempuh dengan waktu yang singkat yakni sekitar 1 jam.

Namun, dengan jalur tol yang ditutup atau belum dioperasikan, dirinya harus tetap melintasi jalur seperti biasanya. “Waktu dulu sempat dibuka, saya pernah ujicoba, dari Gerbang Tol Menggala, sampai keluar di Gerbang Tol Kota Baru, cuma 1 jam 15 menit saja. Tapi untuk sekarang ya harus lewat jalan biasanya, walaupun kadang mengalami kemacetan, mau enggak mau, cuma jalur itu,” ujarnya. Jum’at (06/09/2019).

Sama halnya seperti disampaikan Sony warga Gedung Aji Kabupaten Tulangbawang, ia menilai, dioperasikannya jalur tol tersebut akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, yang utama dalam mempersingkat waktu tempuh perjalanan.

Untuk itu, Ia berharap akses jalur tol secapatnya dioperasikan, supaya melancarkan segala aktivitas dan perjalanan para pengguna jalan. “Banyak hasil pertanian atau perkebunan dan perikanan Tulangbawang yang bisa dijual ke luar Daerah dengan adanya Jalan Tol, tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi pelaku usaha untuk menjual hasil usahanya dengan harga yang sesuai harapan,” terangnya.

Seperti diketahui, JTTS Terbanggi Besar- Pematang Panggang – Kayu Agung dalam rencana akan dioperasikan pada akhir September ini, yang akan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Diketahui pula PT. Waskita Karya selaku pihak pelaksana pembangunan, yang berada di Kabupaten Tulangbawang sudah menutup kantornya, artinya tugas PT.Waskita dalam membangun dapat dikatakan sudah selesai. (STB/Mawan/Nico)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here