Beranda Sai Bumi Nengah Nyappur 102 Calon Kepala Kampung Lolos Seleksi Siap Bertarung Sportif

102 Calon Kepala Kampung Lolos Seleksi Siap Bertarung Sportif

97
0
BERBAGI

SeputarTuba.com Sebanyak 102 Bakal Calon Kepala Kampung (Kakam) yang lolos dan telah ditetapkan sebagai Calon Kepala Kampung oleh Panitia Pemilihan Kampung, di masing-masing yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak di Kabupaten Tulangbawang pada 12 Desember 2019 mendatang.

Demikian hal itu disampaikan oleh Kabag Pemerintahan dan Otonomi daerah melalui Kasubbag Wayan Wilarahula, Senin (25/11/19).

Dia menjelaskan, jumlah peserta dari 31 kampung yang mengikuti pilkakam serentak di Tulangbawang tahun 2019 ini sebanyak 112. Namun yang ditetapkan sebagai calon hanya 102. Sebagiannya tidak lolos dalam perlengkapan persyaratan.

“Dari 112 pendaftar hanya 102 yang ditetapkan sebagai calon, untuk mengikuti pilkakam serentak, sedangkan sepuluhnya tidak lolos,” ujar Wayan Wilarahula.

Lanjutnya, sepuluh peserta yang tidak masuk untuk mengikuti pilkakam tersebut diantaranya mengundurkan diri dan tidak lulus secara tertulis.

Wayan, berharap kepada semua calon kepala kampung, dan para pendukung, selama pelaksanaan pemilihan tidak saling menjelekkan atau menjatuhkan, bersaing dengan sportif guna mencegah hal-hal atau konflik yang tidak diinginkan.

Harapannya agar deklarasi damai yang telah dilaksanakan di masing-masing kampung atau Kecamatan yang akan melaksanakan Pilkakam bukan hanya menjadi seremonial belaka. Namun dapat diimplementasikan secara nyata baik oleh calon maupun para pendukung.

“Kami berharap, para calon bisa bersaing dengan sportif, saling menjaga kondusifitas dan menjalankan tahapan pelaksanaan pilkakam sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku, semua ini guna menyukseskan pilkakam serentak serta dalam rangka memberikan pemahaman demokrasi yang lebih modern bagi masyarakat Kabupaten Tulangbawang,” tukasnya.

Selain itu, Wayan juga menghimbau, Panitia dan Pengawas untuk menjalankan tugasnya sesuai aturan perundang-undangan. Ia mengatakan, permasalahan atau konflik bisa muncul ketika panitia tidak netral dalam pelaksanaan tahapan pemilihan kepala kampung. Disamping itu, lanjutnya, terdapat faktor-faktor lain yang menyebabkan terjadinya konflik.

“Untuk itu dihimbau kepada panitia pemilihan kepala kampung untuk selalu berkoordinasi dengan unsur pimpinan kecamatan serta panitia kabupaten terkait permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan tahapan pilkada,” ucapnya.

“Selain itu juga berharap panitia bisa bersikap netral, independen, jujur dan adil serta tidak memihak. Mudah-mudahan Pilkakam di Tulangbawang bisa berjalan dengan lancar dan aman,” tutupnya. (STB/Mawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here