Beranda Pembangunan dan Pertanian Sambut Tahun Anggaran 2020 APDESI Tuba Gelar Rakor

Sambut Tahun Anggaran 2020 APDESI Tuba Gelar Rakor

71
0
BERBAGI

SeputarTuba.com – Memasuki Tahun Anggaran 2020 Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tulangbawang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) awal tahun bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang, Kamis (16/1/2020).

Adapun tujuan digelarnya rakor tersebut membahas tentang cara meningkatkan pembangunan dalam memajukan kampung. Selain itu menanggapi permasalahan keluhan masyarakat mengenai kekosongan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Hadir dalam kesempatan yang dilaksanakan di Kampung Dwi Tunggal jaya, Kecamatan Banjar Agung tersebut, Ketua APDESI Tulangbawang Bambang Sumantri, Kepala DPMK Yen Dahren, Kepala Dinas Dukcapil Yusrizal serta seluruh Kepala Kampung se-Tulangbawang.

Mengawali sambutannya, Ketua APDESI Tulangbawang Bambang Sumantri mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh yang hadir pada kesempatan tersebut.

Lanjutnya, rakor awal tahun ini sebagai bentuk koordinasi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang dan Pemerintah Kampung dalam rangka memberikan informasi awal mengenai pembangunan yang berkaitan untuk kemajuan kampung.

Selain itu, menyinergikan program-program pembangunan pemerintah daerah, sehingga tujuan pemerintah dalam memajukan kampung dapat menyentuh masyarakat.

“Untuk itu melalui momentum ini diharapkan dapat memberikan manfaat, sehingga tahun 2020 pembangunan diwilayah masing-masing dapat meningkatkan,” ujar Uda Bambang sapaan akrabnya.

“Selain itu sinergi dalam memajukan kampung, sangat diperlukan supaya pembagunan yang diprioritaskan dapat sesuai dengan yang kita harapkan,” sebutnya.

Sementara Kepala DPMK Kabupaten Tulangbawang Yen Dahren mengatakan, kemajuan suatu wilayah memerlukan sinergitas antara Pemerintah Daerah dan pemerintah kampung dalam meningkatkan dan mewujudkan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Dijelaskannya, pembangunan dalam memajukan kampung menjadi prioritas bersama. Program pemerintah benar-benar harus diperhatikan terutama daerah kemiskinan dan membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Setelah rakor ini diharapkan, seluruh perangkat desa dapat meningkatkan dan memaksimalkan pelaksanaan yang ada dikampung masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, mendukung 25 program unggulan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dibawah kepemimpinan Bupati Winarti dan Wakil Bupati Hendriwansyah.

“Seperti pesan Bunda Winarti setiap kampung harus memiliki taman bermain anak, sebagai wujud menciptakan kabupaten yang layak anak (KLA),” jelasnya.

Ditempat yang sama, mengenai keluhan masyarakat terkait kekosongan blangko E-KTP, Kepala Dinas Dukcapil Yusrizal mengatakan, tahun 2019 kendala pembuatan E-KTP mengalami kesulitan.

Namun, lanjutnya, di tahun 2020 kekosongan blangko dapat teratasi. Sebab Pemerintah Daerah telah menganggarkan dana untuk blangko E-KTP.

“Mudah-mudahan ditahun ini, bisa lancar, karena pemerintah daerah sudah bisa mengganggarkan dana untuk masalah blangko,” kata Yusrizal.

Selain itu, pelayanan keliling ditahun 2020 akan lebih mudah Disdukcapil Kabupaten Tulangbawang mendapatkan bantuan satu unit mobil pelayanan keliling dari pemerintah.

“Dalam waktu dekat kita punya rencana akan sosialisasi ke kampung-kampung sampai pelayanan ke masyarakat,” tutupnya. (STB/Mawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here