Beranda Pembangunan dan Pertanian Terapkan New Normal, Dukcapil Kembali Layani Masyarakat

Terapkan New Normal, Dukcapil Kembali Layani Masyarakat

108
0
BERBAGI

SeputarTuba.com – Dengan dimulainya penerapan New Normal (Kenormalan Baru) berbagai pelayanan di Dinas-dinas yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulangbawang kembali menjalankan aktivitas dengan normal.

Perlu diketahui, di era New Normal yang diterapkan Pemerintah Pusat, masyarakat dapat kembali menjalankan aktivitas dan kegiatan sehari-hari seperti biasa, namun dalam menjalankan aktivitas keseharian ditengah Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) masyarakat diminta untuk tetap melaksanakan dan mematuhi Protokol Kesehatan. Hal ini diberlakukan hanya untuk wilayah yang masih dinyatakan aman dari penyebaran dan penularan virus corona atau zona hijau.

Dengan penerapan Kenormalan Baru tersebut membuat aktivitas pelayanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Tulangbawang kembali melayani masyarakat dalam kepengurusan Dokumen Catatan Sipil.

Seperti Halnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang kembali melayani perlengkapan dokumen kependudukan bagi masyarakat, begitu pun Dinas Perizinan yang juga melayani masyarakat secara langsung dalam pengurusan dokumen Perizinan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tulangbawang Yusrizal S.Sos, M.M. mengatakan, Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Perizinan di MPP (Mall Pelayanan Publik) kembali normal dengan diterapkannya Kenormalan Baru (New Normal).

“Pelayanan sudah kembali normal, setelah penerapan New Normal bersama dinas perizinan pada hari selasa kemarin,” kata Yusrizal seusai memantau proses perekaman E-Ktp, Kamis (4/5/2020).

Lanjutnya, kembali berjalannya pelayanan di MPP ini perlu pemantauan dan pengecekan baik fasilitas maupun peralatan, sehingga dalam pengurusan dokumen dapat berjalan dengan lancar.

“Untuk itu perlu pemantauan dan memastikan kesiapan dalam proses pengurusan dokumen berjalan dengan lancar, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik,” ujar dia.

Yusrizal menuturkan, dalam penerapan New Normal yang diterapkan oleh Dinas Perizinan dan pihaknya tetap mengikuti anjuran Pemerintah dengan mengedepankan Protokol Kesehatan.

Penerapan tersebut diterapkan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 serta agar masyarakat dapat tetap mengedepankan Protokol Kesehatan setiap menjalankan aktivitas.

“Jadi untuk menuju new normal kita (Dukcapil dan Perizinan) terapkan protokol kesehatan, jadi kepada warga yang mengurus dokumen diwajibkan mengenakan masker, mencuci tangan ditempat yang sudah disediakan dan pengecekan suhu tubuh serta menjaga jarak,” tuturnya.

Selain itu, tambahnya, di MPP juga disediakan minuman kasiat herbal untuk warga yang sedang menunggu serta diadakan pemberian masker secara gratis.

“Kita juga suguhkan jamu di ruang tunggu, untuk masyarakat yang sedang nunggu berkas dan pembagian masker secara gratis,” tambah dia.

Kemudian dirinya berharap dengan penerapan untuk menuju New Normal dalam pengurusan dokumen, masyarakat dapat mengikuti dan mematuhi peraturan yang dianjurkan, demi kebaikan bersama. Selain itu juga Yusrizal mengingatkan untuk tetap menjaga kesehatan dan kewaspadaan dalam menjalankan aktivitas keseharian di kondisi New Normal. (STB/Mawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here