Oktober 19, 2021

Seputar Tuba

Portal Berita Tulang Bawang

Rutan Kelas II B Menggala Antisipasi Terjadinya Kebakaran

1 min read

 5,079 total views,  3 views today

SeputarTuba.com – Terjadinya kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang Banten beberapa hari yang lalu, menyebabkan puluhan orang meninggal dunia dan banyak pula mengalami luka bakar. Hal tersebut menjadi pelajaran serius yang harus diwaspadai oleh Lapas / Rutan yang ada di Indonesia.

Untuk mencegah kejadian serupa agar tidak terulang kembali maka, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Menggala Kabupaten Tulangbawang Lampung, melakukan serangkaian antisipasi untuk mencegah kebakaran.

Kepala Rutan Klas II B Menggala Gowim Mahali mengatakan, antisipasi dilakukan dengan pengecekan instalasi listrik di jalur – jalur kabel yang sudah rapuh dan tidak layak pakai.

“Alhamdulillah kami sudah antisipasi dengan pengecekan gardu pita PLN, kabel-kabel kecil yang kita pegang panas itu pun sudah kita ganti dan beberapa titik yang berbahaya atau pun strategis seperti di dapur ruang perkantoran sudah kami perbaiki,” ucap Gowim Mahali kepada Seputar Tuba di halaman Rutan Kelas II B Menggala, Kamis (16/9).

Lanjutnya, disamping itu juga sudah mengajukan kerja sama dengan Damkar, Pemkab dan sedang dalam proses menunggu keputusan dari Sekda Kabupaten Tulangbawang.

Tak henti-hentinya himbauan setiap harinya diadakan razia penertiban kabel-kabel yang ilegal dan apabila ada kejanggalan langsung lapor agar segera diperbaiki.

Gowim juga berharap, “Semoga kedepannya kejadian yang terjadi di Lapas Tanggerang diharapkan untuk terakhir kalinya karena sangat luar biasa tragedi kemanusiaan. Kita semua berduka setelah kejadian tersebut tidak disangka banyak korbannya kalau hanya korbannya fisik bangunan sebenarnya tidak apa-apa namun korbannya napi yang menjadi korban tragedi kemanusian tersebut,” ungkapnya. (STB/FKY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *